Budaya atau Kebiasaan?

  • November 28, 2015
  • By Enfadhilah Amrullah
  • 0 Comments

 
For in the true nature of things, if we rightly consider, every green tree is far more glorious than if it were made of gold and silver.
 
Martin Luther

 
 
Hari ini saya bener benar dibuat &@$(/%(/$) baca berita tentang "malangnya nasib si manis Amarilis Yogyakarta" and I said What the H*ll! Karena yang saya baca memang berita yang agak kurang enak. Perkebunan Amarilis ini yang tiba tiba tersulap mirip-mirip Keukenhof di Belanda jadi banyak perbincangan, daaaann akhirnya banyak orang yang penasaran dan datang untuk melihat langsung keukenhof ala Indonesia ini.
 
Tapi yang saya tidak bisa bayangkan ternyata sebagian mereka yang datang berkunjung malah dengan seenaknya merusak dan menginjak tanaman indah ini, entah mereka pikirnya apa sih!! maaf kasar tapi ini benar benar TOL*L!
 
Apakah ini budaya Indonesia? 
Setiap ada sesuatu yang sudah dibuat bagus, eh dengan waktu singkat ada saja yang tangan iseng, kampungan, tak bertanggung jawab yang merusaknya, saya pernah lihat juga berita walikota Surabaya marah karena taman yang baru saja diperbaruhi dengan singkat langsung rusak karena ada acara apa gitu,lupa! Dan juga berita walikota Bandung yang geram karena fasilitas umum yang baru JUGA rusak dengan waktu singkat, karena ulah orang-orang tak bertanggung jawab selfie sana sini. Huh!
 
atau 

Inikah kebiasaan warga Indonesia?
Saya benar-benar sedih :( WHY!!!! Kenapa sih kita gak bisa sedikitpun peduli lingkungan kita sendiri, toh kita juga yang bakalan senang kalau taman-taman kita bersih, rapi, bagus gak rusak-rusak.

Saya lebih lama tinggal di Indonesia, di Jerman baru akan 4 tahun, tapi, tapi, tapi dari pengalaman saya, saya selalu bertanya mengapa orang-orang di negara Jerman ini benar-benar bisa tertib, bisa menaati peraturan? (jawabannya ada dalam diri kalian sendiri)
 
Berita tentang remaja kekinian yang merusak perkebunan Amarilis ini gak bisa terbayang, ini bukan suatu budaya Indonesia!! Ini kebiasaan! Kebiasaan mereka yang gak peduli lingkungan dan mejaganya, coba ikut pramuka dulu sana! duh jadi kesal begini! 
Masalahnya begini, memang di Indonesia (masih) banyak sekali budaya, kebiasaan yang kurang tertib seperti ini. Misalnya saja :
 
--> ANTRI
Yang di Indonesia akan susah banget untuk antri-_-,kalian pernah tidak ke mart terdekat aja, pas dikasir udah antri eh,tiba-tiba ada aja ibu ibu yang langsung "menyerobot" (mendahului dengan sengaja) !!! 
 
http://server2.merahpoetih.com/gallery/public/2015/11/28/g9WzeNYZjM1448650141.JPG
Pic from news.merahputih.com
Begitulah mungkin, tapi antri ini bisa dibilang, gak terlihat!! Ibu-ibu ini,orang lain dan mba kasirnya juga tidak bisa melihat kerugiannya dari "kebiasaan"/"budaya" gak antri ini, mungkin cuman saya sendiri yang rasakan "kedongkolan"nya. 
 
Nah tapi masalah si manis Amarilis ini bagaimana??? Kan sudah jelas, JELAS!( biar jelas hehe) kalau bunga-bunga ini mereka injak, seenaknya duduk dan bahkan ada yang tidur diatasnya! What?! Ini kan T*lol, bunga-bunga jelas rusaklah, mati! Apa mereka gak ada yang mikir atau kasihan begitu sama bunganya? gak bisa lihat itu bunga kalian injak demi selfie selfie kalian itu! Seperti dalam gambar,ini entah mau bilang apa lagi! :(
 
 
Sungguh sangat disayangkan dan sedih melihat berita ini. Guys, teman-teman, warga Indonesia yang tercinta! Marilah kita bersama-sama yang menjaga lingkungan kita sendiri, tolonglah untuk lebih peduli dengan sekitar kita, karena dengan lingkungan kita yang bersih, rapi dan terjaga, kita sendirilah yang akan merasakan dampaknya. Agar kebiasaan dan budaya yang buruk ini bisa kita hilangkan sepenuhnya dari Indonesia. Karena Indonesia tercipta dari rakyatnya, penduduknya dan kita semua inilah INDONESIA itu sendiri. 
 
 
 
love
Enfadhilah (k)
 
 

You Might Also Like

0 komentar