Mengatasi Kunci Sepeda yang Hilang/Rusak

  • January 05, 2016
  • By Enfadhilah Amrullah
  • 0 Comments

Sebenarnya disini saya binggung mau beri judul apa untuk post kali ini, sebenarnya saya mau cerita bagaimana saya mengatasi saat sepeda yang saya parkir di Bahnhof (Stasiun) dan kuncinya rusak alias patah :(.  Disini saya mau cerita dan berbagi pengalaman yang mungkin saja bernasib sama dengan saya semoga bermanfaat. Keep reading!!


Jadi ceritanya akhir tahun kemarin tanggal 31 Desember, saya parkir sepeda dan dikunci menggunakan kunci sepeda standar yang bentuknya mirip tali telfon gitu kalau bahasa jermannya Kabelschloss yang harganya kira-kira 3€ tidak begitu besar dan tidak kecil juga, ya standar kunci sepedalah. 

Setelah menyelesaikan urusan, maulah saya balik kerumah naik sepeda dan seperti  biasa untuk membuka kunci sepeda saya masukkan kunci lalu diputar dannnn... TREKK! PATAH! WHAT?! Entah semuanya terjadi begitu saja, parah banget di Bahnhof ini lagi sepi banget karena memang lagi musim libur, binggung minta tolong kesiapa, toko-toko yang di Bahnhof juga tutup, lalu saya coba tanya ke pak polisi yang kebetulan berdiri dalam Bahnhof, tapi Fail! Dia gak bisa kasih info apa-apa karena dia ternyata bukan polisi Görlitz, mungkin cuman lagi nunggu orang tapi tetap pakai uniform :( . Habis akal gak tahu mau tanya siapa lagi akhirnya saya balik ke rumah jalan kaki.

Dirumah saya tetap mikir ini nasib sepeda saya terparkir di Bahnhof gimana?, kalau ada yang ngambil gimana ?(maklum pencurian sepeda lagi jaman!). Dan saya mencoba lihat di YouTube berharap ada cara untuk membuka kunci sepeda yang patah didalam lubangnya, dari beberapa yang saya tonton sih banyak cara tapi harus pakai alat tukang gitu, semacam pemotong besi apalah itu. 

Saya juga sudah cerita keteman-teman terdekat mereka memberi saran untuk minta bantuan ke tukang sepeda, tukang kunci dll. Tapi kok kayaknya tidak ada yang bisa deh, tukang sepeda sepertinya masih libur, tukang kunci (Schlüsseldienst) duh kalau yang ini enggak deh sekali panggil bayarnya mahal gak mau hihi, karena masalahnya kunci sepeda saya inikan sudah rusak otomatis gak bisa dipakai lagi jadi memang lebih baik dirusak aja gak apa-apa. 

Saran dari teman-teman orang jerman saya disini ialah bertanya ke Hausmeister (yang biasa ngurus apartement kita) untuk pinjam alat pemotong besi itu, tapi mereka bilang gak tahu ya boleh dipinjam atau tidak, ini kan benda berbahaya gak dijual sembarangan juga. Iya juga sih HUH! 

Opsi terakhir ialah pinjam alat pemotong besi itu, tapi saya tetap nonton YouTube cari cara ngerusak kunci sepeda tanpa alat dan saya dapat video yang ajaib banget. Untuk kunci sepeda yang jenis Kabelschloss ini bisa dirusak tanpa alat, kalian bisa cari videonya dengan kata kunci "Kabelschloss knacken".

Kelihatannya oke dan bisa diperaktekkan. Dan segera hari ini juga saya praktekkan menerjang salju jalan menuju Bahnhof sambil berharap sepeda yang berhari-hari terparkir masih ada belum diambil orang duluan. HI HI HI 

Alhamdulillah ternyata sepedanya masih ada, ini cerita selanjutnya mem-preteli sepeda yang kekunci gak bisa dibuka. 
Modal Werkzeug-kit dari IKEA
Beginilah penampakan kunci yang patah dalam lubangnya
Cara yang ditunjukkan dalam video ialah Kabelschloss nya ini tinggal diputar-putar aja sampai dia nyerah sendiri alias rusak sendiri, modal palu yang keras dan gampang dipegang untuk diputar-putar. 
Sebenarnya sudah hampir menyerah karena percobaan pertama gak ada tanda-tanda akan rusak dan coba lagi kedua kalinya ini sambil berdoa, benar-benar berdoa "ya Allah gak ada yang gak mungkin bila Engkau yang berkehendak ya Allah, rusaklah kunci ini" .
Alhamdulillah rusak beneran Yuhuuu...
Lilit-litit,putar-putar sampai rusak sendiri, seperti gambar ini!


Yeay, yang gampang rusak itu ternyata ujung dari Kabelschloss ini

Inilah ceritaku mengatasi kunci sepeda yang rusak, jadi kalau kunci sepeda kalian hilang/rusak bisa mencoba metode yang saya gunakan ini. 
Maaf kalau artikelnya kepanjangaan, sambil curhat juga kan. HA HA HA. Intinya jangan menyerah karena akan selalu ada pertolongan dari-Nya. Aamiin. 


Liebe Grüße (k)


You Might Also Like

0 komentar