#WinterCampBerlin2014

  • December 31, 2014
  • By Enfadhilah Amrullah
  • 0 Comments

Study Hard, Pray Harder

Assalamualaikum wr. wb

Sudah lama banget gak ada new post gini. Mumpung dapat ide judul yang super keren #wintercampberlin2014 jadi gak bisa disia-siain.

Kalau baca judulnya sih winter camp, tapi ini bukan camping di hutan atau gunung pas musim dingin ya, Bukan..bukan..bukan . . .
Malahan kita nginapnya ditempat yang hangat,nyaman dan banyak makanan. Hihi
Acara keren penuh manfaat ini di selenggarakan mulai tanggal 27-28 Desember 2014 bertepatan pas lagi libur natal seluruh Jerman gitu. 

Acaranya dimulai jam 08:00. Saya yang datang dari pelosok kota nan jauh #curhat harus sudah ada di Berlin lebih awal (tapi Görlitz mah gak jauh jauh amat dari Berlin cuman 2 - 3 jam doang naik Kereta biasa)
Tanggal 25 sore saya sudah di Berlin,Alhamdulillah ada teman yang tinggal di Berlin dan bisa ditumpangin dan ngasih makan. HäHä

Wintercamp ini juga pernah ada tahun 2013, tapi saya gak ikut, makanya tahun ini jadi penasaran. 
Niat awal ikut sih biar bisa reunian lagi sama teman-teman seangkatan berangkat bareng ke Jerman yang udah lama banget gak ketemu setelah masuk ke Universitas yang beda-beda.
Tapi katanya sih ya acaranya seru, keren dan sebagai penyegar jasmani dan rohani, katanya~
Tapi benar kok, Winter camp ini yang dihadiri lebih dari 120 peserta, muslim dan muslimah yang datang dari berbagai kota seluruh jerman, bertemu teman-teman senasib yang kuliah di Jerman, bisa jadi ajang sharing tentang pengalaman, apalagi ini acara ini full of manfaat, banyak materi penyegar rohani dan jasmani, games outbond, olahraga, mentoring, tahajjud , shalat berjamaah, dan muhasabah.

Jadi wintercamp ini jadwal acaranya sudah disusun dengan teliti oleh panitia. Mulai dari kedatangan peserta, pembagian kelompok dan pembagian kamar.
Trus saya dapat kelompok 6 Sumayyah binti Khabath, dia adalah seorang wanita pertama yang syahid dalam sejarah Islam,demi mempertahankan keimanan kepada agama Allah SWT, MasyaAllah... 

Nah, karena pembagian kelompok ini saya jadi dapat teman-teman baru, mereka semua datang dari berbagai kota di Jerman, Naja.. jadi yang "paling tua" sih, adek-adek ini anak 95' dan 96' hhfft (muka saya kan 96' juga). Gak apa-apa sih bisa jadi sumber informasi kan kalau mereka butuh bantuan. Trus setiap kelompok punya satu Betreuerin atau sebagai pendamping kelompok,Kelompok Sumayyah di -betreuer-in oleh Kak Asti, pendamping kelompok ini bukan sebagai peserta, mereka bertanggung jawab atas masing-masing kelompok.

Setelah pumbukaan Wintercamp 2014, jam 09:15 mulai dengan Materi I dengan tema ,,Keseimbangan (Tawazzun)", setelah itu sang MC yang katanya lucu tapi pura-pura garing b-( mengumumkan kalau kita bakalan ada games outbond gitu, untuk dapat Fallstudie yang nanti malam bakalan dijadin theater atau mind maping. Hhhhhmmmmm... 
Oh iya wintercamp kali ini ada yang spesial loh, apa ayoo ? yap... kristal-kristal putih dari langit sebut saja salju turun dan banyak,katanya tahun lalu sama sekali gak ada salju, jadi benar-benar WINTERCAMP kan ya.

Nah games nya ini kan diluar ruangan gitu, saya dan teman sekelompok mikirnya kita bakalan games guling-guling di salju atau apalah, jadi kita pada pakai sepatu olahraga, mikirnya juga gak bakalan lama diluar ruangan. Yaudah tuh mulai dari Pos pertama kelompok kita menang, jadi yang menang boleh milih Fallstudie. Seharusnya kita ke pos selanjutnya, tapi ternyata masih ada kelompok lain yang main games di sana, yaudah nunggu sambil foto-foto gitu, salju lagi bagus juga, tapi ........ kok kelompok kita nunggu lama banget ya,parah! sampai kaki udah pada beku ini, tetap aja nunggu. *setelah sekian lama menunggu* Nah akhirnya mulai games yang lain, kelompok kita kalah, udalah ini pasti gara-gara kaki beku sampe otak juga beku. HAHAHA 
 Intinya gamesnya seru semua tapi kayak gak sesuai kondisi aja sih soalnya lagi salju kan ya, tapi kita dibiarin diluar ruangan lama banget. (m)

Pukul 19:18 semua peserta sudah shalat, makan, dll, waktunya masuk Materi II dengan tema ,,Study Hard, Pray Harder" sesuai motto #wintercampberlin2014 disini kita kayak me-refresh ulang niat, prinsip, visi dan misi kita sebagai seorang pelajar di Jerman. 

Duh udah ngantuk-ngantuk nih pasti, tapi gara-gara diskusi dan sesi tanya jawab dari peserta-peserta yang aktif dan main permainan garing tapi kocak menghibur dari sang MC "jika-maka" ngantuknya sedikit berkurang. Tapi masih ada kegiatan lain, yaitu theater dan mind maping hhuuftt :-s 

Pokoknya udah tuh, kita sekelompok dapat mind maping, Fallstudie (Niat dan Tanggung jawab), kita bagi-bagi tugas buat jelasin persoalan ini, masalah yang kita dapat gini : ada seorang mahasiswa namanya Beni, kuliah semester 5 jurusan Teknik perkapalan di Jerman, anaknya baik suka menolong tapi dia kayak lebih mementingkan urusan luar kuliah seperti berorganisasi, aktif kajian islam, TAPI kuliah dia berantakan, masih banyak utang disemester sebelumnya. 
Disini kita harus punya solusi buat masalah Beni ini, kalau saya rasa sih teman kelompok saya ini pada bagus-bagus jelasinnya suerr! mereka cuman nanya dikit gitu pas lagi diskusi kelompok, eh pas nampil, mereka jadi jelasin dengan jelas,tepat,cepat soalnya kita cuman dapat jatah 10 menit untuk mind maping dan 15 menit untuk theater, kelompok lain yang dapat theater seruuuuu banget,semuanya bagus banget, ukhti ukhti ini pada bakat jadi actor emang dah. (h)

Semuanya udah pada nampil, udah jam 23:00 lebih, saya udah ngantuk dan capek banget, buat orang yang selalu jam 11 malam untuk tidur, saya emang gak bisa diajak begadang,pokoknya setelah bersih-bersih,siap-siap tidur yang saya ingat itu udah jam 00:00, dan kita jam 05:00 pagi udah harus bangun tahajjud! oh nee.. Jangan heran di Berlin subuh jam 06:10 kok, masih sempatlah tahajjud berjamaah dan Kultum setelah shalat subuh.

Kegiatan pun berlanjut, setelah sarapan pagi,kita olahraga bersama gitu, Alhamdulillah olahraganya dalam ruangan cuman senam gitu sih, tapi ini yang paling saya suka. Hahaha, entah kenapa suka aja sama senam mulai dari SD suka maju kedepan gitu kalau cuman senam :)) itu olahraga gak butuh banyak tenaga, tapi bisa berkeringat, ketika panitia masih mempersiapan untuk senam, ada yang bilang, "pemanasan aja dulu kak", yaudah kaka kaka panitia minta orang gitu buat mimpin pemanasaan, tanpa mikir langsung aja saya pengen dan naik kepanggung, cuman pemanasan ini,lagian kalau pemanasan mah udah biasa maklum ibu ibu kompleks =))

Setelah lelah berolahraga ceria, kita disuruh buat siap-siap beresin barang karena mau checkout, dan kemudian Mentoring dan tukaran kado.
Pukul 13:30 masuk Materi III dengan tema ,,Menjadi Pemuda Muslim yang Berkharakter Islam"
waktu untuk materi ke tiga ini emang gak tepat banget sih,peserta-peserta pasti udah pada capek dan ngantuk, jadi ada beberapa teman gitu pas di toilet curhat "duh materi ketiga ini udah gak ngerti lagi isinya apaan ngantuk gue". Iya sih emang, tapi kok saya malah suka yah sama Materi III ini tema dan judulnya itu loh menarik banget buat dibahas,tapi sayang beribu sayang materinya gak tuntas dibahas gara-gara waktu yang sangat terbatas #sedih ;-( 

Rangkaian acara sepertinya sudah hampir selesai dilaksanakan setelah pengumuman kelompok terbaik, Zusammenfassung dan penutupan, ada sesi foto bareng peserta dan panitia, dan akhirnya #wintercampberlin2014 ini resmi SELESAI. Ahamdulillah :)

Benar-benar mendapat pengalaman baru, teman baru dan manfaat yang banyak, dengan berkumpulnya kita sesama muslim di Wintercamp 2014 ini, kita bisa bersyukur kepada Allah SWT, kalau kita ini gak sendiri, kita punya banyak saudara seiman yang juga berjuang mencari ridho Allah di bumi belahan Eropa, Jerman ini.

Akhir kata saya sampaikan terima kasih untuk panitia yang bekerja keras mewujudkan acara keren ini. ok ok Thank you, Danke banget ya kaka kaka. x-)

Semoga kita tetap istiqomah "STUDY HARD, PRAY HARDER" seperti motto #WinterCampBerlin2014

 
Gruppe 6 Sumayyah binti Khabath

Jadi ajang reunian angkatan 12'




Viele Grüße von Görlitz (k)


NB: Artikel penutup tahun 2014. Happy New Year!

You Might Also Like

0 komentar