Penipuan via Telefon

14. 05.2014

Sore itu saya baru saja pulang dari kampus saat istirahat tiba-tiba hape saya bunyi tanda ada yang memanggil, dari nomor yang saya lihat ini nomor jerman dan sempat tertulis dari stutgart.

Entah kenapa saya angkat soalnya kadang saya malas angkat telfon kalau nomornya gak tau dari siapa, tapi sore itu saya angkat.

Lalu terdengar suara dari seberang sana ternyata bukan teman Indonesia saya tapi orang lain dan langsung bilang gini  : (ini percakapan dalam bahasa jerman)

A : "Halo, selamt siang ini dengan (menyebut namanya)"
B : "Iya selamat siang"
A : "Selamat anda menang liburan ke Turkey selama bla bla bla ( menjelaskan hadiah liburan)"
B : trus saya jawab "Wie Bitte ? Apa ? coba ulang saya tidak bisa dengar dengan baik" (Dia bahasa jerman cepat banget dan blepotan)
A : "Anda tidak mengerti bahasa jerman?"
B : "Doch, saya berbicara bahasa jerman kok"
A : "Begini anda memenangkan sebuah paket liburan, orang bisa menang bla bla bla, tapi anda memenangkan paket liburan dari undian secara acak.

Disini saya antara curiga dan binggung juga, soalnya ini di Jerman, saya pikir mana ada penipuan gak mutu kayak gini, akhirnya karena penasaran saya lanjut ngomong dengan dia.

B : "ahh yang benar ? kok bisa saya menang ?"
A : "iya anda menang dari undian secara acak, anda frau Amrullah kan ? Eka Nurul Fadhilah Amrullah. lahir 5 November 1993, tinggal di Görlitz (menyebutkan alamat saya) richtig ? benar ?"
B : dalam hati kok bisa tau ya, terus saya tanya deh "Iya benar, tapi tunggu dulu kok bisa saya menang, saya tidak pernah ikut lomba dan kenapa saya tidak dapat email, kenapa cuman dapat telefon, terus kalau saya menang saya harus ngapain ? (disini saya malah cenderung curiga dari pada senang)
A  " begini anda mendapatkan hadiah paket liburan selama bla bla bla, semuanya ditanggung sponsor, jadi liburan anda kostenlos (gratis) anda hanya tinggal memilih siapa sponsor yang anda mau, dengan membayar hanya sekali dan beberapa bulan selanjutnya gratis, anda tinggal menyetujui kontraknya"

Nah disini makin curiga saya, di Jerman jangan asal bikin kontrak bahaya!! saya pernah diberitahu sama guru STK saya yang orang jerman, katanya di sini kontrak melalui percakapan juga bisa dianggap SAH, walaupun tidak ada tanda tangan, jadi jangan asal bilang "IYA". Makanya saya gak tertarik lagi udah aneh gini, trus saya lanjut tanya.

B : "Loh ? saya harus bayar apa ? sebenarnya dari perusahaan mana anda ? saya gak yakin ini, kok bisa saya menang tanpa ikut undian apapun dan kenapa saya tidak dapat email atau apapun cuman telefon kayak begini, saya tidak yakin ini, bisa saya tahu website anda ? biar saya bisa membaca lebih jelas maksud anda secara jelas"
A : "Ohhh anda tidak mengerti ya, ya baiklah, Aufwiederhören, selamat tinggal"
Tut tut tut...

Loh.. malah tiba-tiba ditutup pembicaraannya padahal saya cuman minta website resminya, nah kan! aneh banget, kalau saja ya, saya benar-benar memenangkan sesuatu pasti saya bakalan dijelaskan secara detail dapat email atau surat sekalipun dan gak mungkin gampang dibatalkan kayak gini. Fix banget PENIPUAN.

Saya sempat gak percaya juga kok bisa ada penipuan gak mutu kayak begini di JERMAN ?
Untung di Indo udah sering dengar kayak gini makanya saya lebih hati-hati pas dia bilang menang bla bla bla.
Biar saya lebih yakin saya coba tanya dengan teman saya yang orang jerman dan dia bilang " iya kadang - kadang juga ada yang kayak gitu, itu sudah pasti 100% BETRUG (PENIPUAN), jangan kasih data pribadimu sembarangan".

Saya gak tau darimana dia dapat data pribadiku, mungkin gara-gara saya sering belanja online jadi kadang-kadang memang disuruh memasukkan nama, tanggal lahir serta alamat, ya buat yang sering belanja online hati-hati aja nih ya.

Pokoknya ini tuh di JERMAN segalanya pasti akurat tidak mungkin segaje cuman telfon kalau kalian menang sesuatu, pokoknya hati-hati, waspada aja ternyata bukan cuman di Indonesia ada yang mencoba penipuan via telefon *sigh*

You Might Also Like

2 komentar

  1. Iya enfa, kadang-kadang ya kita ngga bisa masukin data diri sembarangan di website manapun, soalnya ada agen-agen yang penipuan kaya gitu, ngebeli data diri orang banyak ke website-website. Makanya dia bisa dapet nomer telfon kamu, nama lengkap, tgl lahir, sampe alamat lengkap. Jadi hati-hati ya. Untungnya dia nggak pake hipnotis kaya kasus di Indonesia haha. Tapi tetep aja, kalau udah curiga mendingan langsung tutup telfonnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggy sempat curiga juga, tapi penasaran pengen nanya-nanya :-) Awalnya sih gak percaya masa d jerman ada tipu tipu. Untungnya ibunya gak ngotot.

      Delete