LEBARAN IDUL FITRI : JERMAN vs. INDONESIA

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H.
Setelah sebulan kita berpuasa tiba saatnya hari kemenangan 1 Syawal. Sudah seminggu setelah 1 syawal , masih dalam suasana idul fitri saling memohon maaf.
Taqaballahu minna wa minkum. Minal adin walfaidzin mohon maaf lahir batin.

Seminggu setelah lebaran artinya libur cuti bersama telah usai, termasuk saya. Ada yang berbeda dengan lebaran idul fitri saya tahun ini. Akhirnya setelah 4 atau 5 kali lebaran lalu selalu di Jerman, tahun ini Alhamdulillah bisa di  Indonesia. Karena itu pengen deh cerita bedanya lebaran di Jerman dan di Indonesia.

JERMAN : 
Setelah sebulan berpuasa di Jerman dengan durasi yang panjang, hari lebaran bisa jadi hari yang ditunggu-tunggu untuk mahasiswa di Jerman mungkin juga ada sedih dan senang nya, senang karena kita bisa melalui ramadan sebulan penuh, sedih karena dihari lebaran ini tidak bisa berkumpul dengan keluarga karena gak bisa mudik, karena alasan kuliah ataupun lagi masa-masa ujian. Walaupun tak ada suara Takbir berkumandang tak perlu sedih, Lebaran di Jerman juga bisa menyenangkan karena pasti tiap shalat Ied diadakan di KBRI atau pun KJRI Jerman, bukan cuman shalat Ied saja setelahnya kita juga akan disediakan makanan lebaran khas Indonesia biar gak rindu rindu bangetlah sama opor dan ketupat. KBRI juga sangat ramai, jadi lebaran di Jerman tidak harus selalu sendiri. Tapi ya.. setelah balik dari shalat Ied kembali lagi suasana seperti biasa. Hehe

Saya pernah lebaran Idul Fitr gak ke KBRI karena bentrok jadwal kuliah dan ujian, jadi gak bisa ikut shalat ied, situasi seperti ini buat pelajar di Jerman jadi hal yang wajar. Jadi saya dan teman-teman yang senasib lainnya suka masak masak di rumah saja, buat opor dan ketupat (jadi-jadian).


INDONESIA:
Idul Fitr di Indonesia tahun ini benar-benar beda dari tahun sebelumnya untuk saya. Di Indonesia lebaran begitu disambut dengan meriah semua orang, termasuk warga Jakarta(kebetulan lagi di Jakarta) mulai dari 2 minggu - 1 minggu sebelum lebaran, jalan sudah sangat maceeetttt, ya kenapa lagi kalau bukan toko dan mall yang menawaran midnight Sale Yuhuii!!. Alhasil ramailah jalanan ibu kota. Lalu mesjid gimana? Hahaha masih ramau juga saf pertama :D Insya Allah. 
Hari Lebaran kita pagi-pagi bangun dengan suasana hati yang gembira, memakai pakaian terbaik kita dan berjalan menuju Mesjid untuk menunaikan shalat Idul fitri, suasana nya berbeda sekali, suara takbir lantang dikumandangkan, sambil berjalan semua orang juga ikut bertakbir di hari kemenangan ini. Setelah shalat suasana haru saling memohon maaf kepada keluarga dan setiap orang yang kita jumpai. Berkeliling kampung dari rumah-kerumah, Indonesia memang penuh dengan orang yang ramah.... :)
Tidak lupa makanan khas Lebaran sudah lengkap, Opor ayam dan Ketupat, karena saya orang bugis setiap lebaran itu wajib ada BURASA dan NASU LEKKU' (Ayam Lengkuas) yummy!!!My Favoritto... <3 Makanan seperti ini bisa sampai semingguan nenu gini terus... makanya jangan heran berat badan di hari Lebaran naik hhuuu, belum lagi toples penuh dengan kue kue manis ... enakkkk. Senangnya lebaran di Indonesia :D Hahaha

Bagaimana Lebaran kalian ? Semoga menyenangkan dan dihari Raya Idul Fitri ini kita kembali difitrah. Aamiin^^

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H.


Liebe Grüße (k)

You Might Also Like

0 komentar