BUKBER ala Indonesia

BUKBER alias berBUKa puasa BERsama, tidak salah kalau Ramadan kita ingin berbuka bersama keluarga ataupun teman-teman, tapi istilah bukber ini kalau di Indonesia "agak" lain dan bisa dibilang Ramadan tanpa bukber gak afdol. Kenapa? Karena gak mungkin hari ramadan gak ada rencana untuk bukber sama teman-teman, bahkan mulai puasa pertama pun jadwal bukber sampai lebaran udah full booked! Mulai dari bukber teman Kuliah, SMA, bukber komunitas, organisasi, geng, bahkan sampai bukber teman SD -_- ellah~~


Bukan hanya sampai disitu, sekarang bukber udah sampai pkai rules/aturan segala, gak jarang kita liat bukber ala Indonesia ini udah rapi, pakai kaftan seragam segala~ biar foto-foto jadi rapi kali ya, biar instagramable ala ala squad squad gitu~~~

Tapi apasih ya buat bukber BATAL ??. Kadang juga gini nih, udah ada jadwal ujung-ujungnya gak jadi, alasannya pun macam-macam :
1. Merantau : selama Ramadan yang masih dikota perantauan, sudah pasti jadi gak bisa ikut. Cuman bisa liat foto-foto digroup, tp kadang gara-gara se-geng banyak yang anak rantau BATAL deh bukber nya gengs~~~ kan pada mencar-mencar.

2. Mudikk : wah iya bukber batal bisa karena teman-temannya udah pada mudik semua.

3. "ngikut aja" : kutipan kata ini banyak kita jumpa digroup, udah siapkan tanggal, tempat, yang lainnya cuman jawab "ngikut aja", pas hari H dikonfirmasi lg, eh udah pada ngilang. Batal deh!

Dan banyak lagi deh alasan-alasan lain BUKBER ala Indonesia ini, mau bukber ataupun sendiri gak masalah yang penting itu Setelah berbuka shalat Magrib dan Tarwih yah teman-teman.

Apa nih bagian dari Ramadan dan Bukber yang ala Indonesia banget?? Silahkan tulis comment yah..

Liebe Grüße 💋

You Might Also Like

0 komentar