Ramadan : JERMAN vs. INDONESIA

Setelah 5 kali puasa 5 kali Lebaran di Jerman, akhirnya tahun ini bisa merasakan Ramadan di Indonesia..... Apasih bedanya Ramadan di Jerman dan di Indonesia?


BERBUKA PUASA
Tentunya sebagai anak rantau kalau Ramadan-nya gak dirumah ya pasti akan jauh dari keluarga, perbedaan saat berbuka puasa pun sangat terasa.

Indonesia : Makannya rame-rame, buka puasa bersama keluarga, makanan dan minuman pun komplit ada takjil, es buah, gorengan, minuman dingin dan manis semuanya lengkap, emang begini kalau di Indonesia saat berbuka.

Jerman : Pulang kampus capek, buka puasa sendiri, nyiapin makanan pun sendiri, masak seadanya, Takjil ? air putih pun cukup! Langsung makan nasi aja soalnya udah puasa 19 jam, Laperrrr :D


SHALAT TARWIH
Memasuki bulan Ramadan kegiatan shalat Tarwih berjamaah pasti yang sangat dirasakan begitu pula di Jerman dan indonesia,bedanya :

Indonesia : Shalat Tarwihnya di Mesjid berjamaah, buru-buru ke mesjid kalau tidak, gak bakalan kebagian tempat, bisa-bisa shalat di teras mesjid. Mesjid jadi rame sampai dengan jam 9 malam, banyak anak-anak kecil yang juga semangat ke mesjid,  walaupun gak ikut shalat yang penting ke mesjid mah mereka -_-

Jerman : Buka puasa jam 9 malam kalau ikut Shalat Tarwih di Mesjid bisa jam 12 malam pulang nya, belum lagi mesjid dan rumah jaraknya jauh, jadi kalau di Jerman saya selama ramadan shalat tarwih sendiri saja di rumah. Rasanya enak saja bisa tenang dan khusyuk juga, tapi siap-siap ngantuk-ngantuk karena beberapa jam lagi udah masuk Subuh.


SAHUR
Selama Ramadan Sahur juga hal yang penting untuk dijalankan, karena disetiap Sahur ada keberkahan, jadi sahur sunnah yang diwajibkan yah guys...


Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:

تَسَحَّرُوْا! فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةٌ.”
“Bersahurlah kalian karena dalam bersahur tersebut terdapat keberkahan.” 

Dan dalam riwayat yang lain Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

فَصْلٌ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ، أَكْلَةُ السَّحَرِ.”
”Pembeda antara puasa kita dengan puasanya ahlul Kitab adalah makan Sahur.”




Indonesia : Kalau di rumah sahur itu udah kayak makan siang, mama jam 3 sudah bangun masak, harus ada lauk, sayur, ikan/daging yang digoreng ada, yang berkuah juga ada, pokonya macam-macam. setelah makan ada cemilan juga, susu itu wajib ada, kue bahkan sampai sempat untuk makan takjil sisa berbuka tadi sore. Komplit deh, biar puasanya gak lemas. HAHAHA

Jerman : Sahur jam 2 malam, bangun-bangun cuman dapat 20 menit sebelum subuh, makan seadanya didapur, kadang gak sempat makan juga yang penting udah minum dan berniat sahur untuk puasa esok hari. Alhamdulillah kalau niat puasa karena Ibadah ke Allah SWT, insyaAllah puasa 19 jam, musim panas Jerman terlewati kok :D


Senang juga bisa merasakan perbedaan ramadan seperti ini, mulai dari durasi puasa yang berbeda, Indonesia ±12 jam dan Jerman ±19 Jam. Suasana juga yang sangat berbeda di Indonesia saat Ramadan setiap sore jalanan sangat ramai dengan tenda-tenda jualan jajanan dan takjil bisa sampai sepanjang jalanlah, tinggal tunggu waktu pas Adzan magrib berhenti dimana, tinggal beli, makan ditempat :D. Di Jerman jualan makan juga ramelah tentunya gak ada yang tutup sama seperti hari-hari biasa, pengingat adzan magrib dari Aplikasi di Hp masing-masing. :)

Oh iya tambahan lagi, karena sekarang saya sudah kerja, jadi rasakan ramadan sambil bekerja, di Indonesia khusus bulan Ramadan jam pulang kantor mundur 1 jam, dari yang biasanya pulang jam 5 jadi pulang jam 4 sore, jadi jangan heran mulai jam 4 sore JAKARTA SUDAH MACET!!! sampai dengan waktu yang tidak diketahui :D (ya paling setelah berbuka atau tarwih).  Bukan cuman jalanan, Kereta alias KRL JABODETABEK juga telah penuh sesak saat jam pulang kantor ini, udah seperti hukum rimba, siapa cepat dia dapat, naik KRL siapa yang duluan nunggu depan pintu, bisa masuk kereta kalau nunggu dibelakang gak bakalan muatlah, kereta sudah penuh! tunggu kereta selanjutnya lagi atau buka puasa di stasiun dulu HAHAHA rameeee bangetttt ampunn!!!
Kalau di Jerman kerja di bulan Ramadan gak ngaruh, waktu kerja tetap seperti hari-hari biasanya saja.

Begitulah pengalam saya Ramadan di Jerman dan Indonesia, sama-sama Ramadan yang penting di bulan Ramadan ialah perbanyak ibadah, semoga walaupun kita di Jerman ataupun di Indonesia Ibadah kita tetap terjaga dan di Bulan Suci Ramadan ini kita bisa mendapat pahala yang berlipat-lipat ganda.


Liebe Grüße (k)

Sahur hukumnya adalah mustahab (disunnahkan) bagi orang yang berpuasa karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda:
“تَسَحَّرُوْا! فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةٌ.”
“Bersahurlah kalian karena dalam bersahur tersebut terdapat keberkahan.” [8]
Dan dalam riwayat yang lain beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“فَصْلٌ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ، أَكْلَةُ السَّحَرِ.”
”Pembeda antara puasa kita dengan puasanya ahlul Kitab adalah makan Sahur.” [9]


Sumber: https://almanhaj.or.id/3310-keberkahan-makan-sahur.html

You Might Also Like

0 komentar