Interkulturelle Grundausbildung

Ini pengalaman pertama saya ikut Organisasi di Jerman.
Saya dapat info untuk Program ini dari email kampus yang memang biasanya sering mengirim info tentang organisasi seperti ini.
Program/Organisasi ini adalah : Interkulturelle Grundausbildung 
yang diselenggarakan oleh JuLeica (Jugendleiterkarte) bekerja sama dengan djo-Deutsche Jugend in Europa Bundesverband e.V.

JuLeica disini maksudnya adalah kartu/tanda pengenal yang berlaku dalam program orang-orang muda aktif dalam pekerjaan kepemudaan. Dan disinilah adanya JuLeica-Ausbildung (Pelatihan) untuk bisa mendapatkan kartu ini.
 
Dan tujuan lain dari interkulturellen deutsch-tschechischen Grundausbildung (Pelatihan dasar lintas budaya Ceko-Jerman)
adalah :
- Pengetahuan dasar dalam pekerjaan pendidikan antarbudaya dengan
- Pemuda sebagai alat untuk pelaksanaan internasional Youth Exchange.

yah begitulah singkatnya kegiatan ini dijekaskan dalam flyer, akhirnya saya tertarik dan segera mendaftarkan diri, Alhamdullillah keterima dan mendapatkan email untuk segera membayar uang pendaftaran sekitar 60€. Untuk biaya tiket perjalan, makan dan tempat menginap semua ditanggung jadi biaya pendaftaran itu seperti balik lagi ke saya.

Hari pertama
Perasan dihari pertama ini tidak menentu antara deg degan dan perasaan yg bilang "ah terserahlah ya terjadi terjadilah"
Benar-benar baru pertama kali ikut kegitan kayak gini maksudnya kegiatan yg benar-benar saya pikir harus siap bhs jerman apapun yangg terjadi karena sudah feeling pastikan gak ada anak indo lain yg ikut. Apalagi programnya Deutsche- Tschechien, pasti ada beberapa orang ceko yang ikut. Roaming roaming deh,kepikiran awalnya.

Ya udah siap ba bi bu nyampe jg d tempat jemputan, nnti ada yg jemput dan diantar sampai tempat perkumpulannya saat tunggu ini aku kenalan sama orang ceko ngobrollah dikit kita, dia bisa bhs jerman untungnya! karena sekolahnya di jerman juga.
Trus dia tanya, kamu umurnya brapa?
Jawab aja 21, trus dia malah kaget masa sih?
Iya emg kenapa,kamu pikir saya umur brapa?
aku pikir 16 tahun
trus saya balik tanya kamu umurnya brapa ? 16
hah ? Giliran saya yang kaget,muka dia udah matang banget tapi masih 16 tahun. HAHAHA,yaudalah namanya jg bule.
Akhirnya penyambutan, kenalan, kita ada 11 org keseluruhan dgn 1 cowo 10 cewe dari berbagai daerah (negara) kebanyakn dari ceko sih, ada 3 org luar ceko yg gak bisa bhs ceko sama sekali termasuk saya. Ada juga yg gak bisa bhs jerman cmn ceko, tp pasti englisch kita ngertilah semua mudah2an. Untungnya moderator atau pemimpin acara atau panitia ini jado bgt 2 bhs. Jadi srlama kegiatan bhs.jerman bhs ceko srlalu bergantian diterjemahkan. Hari ini benar2 byk bgt bhs ceko yh kudengar. Hari pertama betjalan lanjar semuanya aku dpt tugas jg bisalah dan emg pas.oh iya aku ada mau cetita, ada tugas disuruh buat kelompok dan diskusi apa sih Kompetenz buat jadi pemimpin jungenlicheclub tp aku betuntung atau enzah apa, srkelompok sama org yg gk bisa bhs jerman sama sakali, dan saya gak bisa bhs ceko sama sekali. HAHAHA toll nah, akhirnya kita detemani penerjemah, yaiyalah bisa runyam ini kelompok, oke dia mas ini bisa bhs inggris sih mayanlah, tp sayanya yg repot, bhs inggtisku ancjr gini bisa tmbh runyam dah kelompok. Tp akhitnya kita selesai jg plakat penuh dgn bhs campur2 dan harus d jelaskan lg ya gitu dehpokonybilg aja apa yg ada d kepala, tp menurutku ya point yg kita buat semuanya hampir memenuhibkritria daripada yg lain haha. Okelah ya.

You Might Also Like

0 komentar